Selasa, 18 November 2014

CARA MELATIH TEMBAKAN DI BASKET


 CARA MELATIH TEMBAKAN DI BASKET
Tidak tergantung pada bagaimana posisi tangan anda (pada beberapa permainan basket seperti NBA ataupun IBL, posisi tangan dan jari tiap pemain dalam melakukan shoot tidaklah sama)
Yang terpenting adalah seberapa banyak shoot yang anda lakukan pada tiap latihan anda. Jika anda sudah menemukan posisi yang membuat anda nyaman (dalam artian tidak berubah kapanpun anda melakukan shoot), anda bisa mencoba beberapa langkah ini :
  • Saat anda melakukan shoot, biasakan berlatih dalam jarak yang dekat terlebih dahulu, bisa dengan 1/2 jarak free throw.
  • Lakukan latihan sesering mungkin dan buat target (misal dalam tiap latihan bisa memasukkan minimal 60-80% dari total shoot yang anda lakukan)
  • Jika anda telah sering memasukkan bola dari jarak dekat tsb, tambah jarak lempar anda, misal ditambah 1 meter dari jarak latihan sebelumnya.
  • Lakukan shoot sesering mungkin pada jarak tersebut sampai anda mahir dan terus tambah jarak lempar anda sampai melebihi garis 3 poin.
  • Latih otot pergelangan tangan anda, bisa dengan botol sprite/coca/cola (yang berbahan kaca)
  1. Genggam botol tersebut dengan posisi botol memanjang ke samping.
  2. Usahakan lingkar ibu jari dan jari telunjuk pada bagian botol yang permukaannya mulai mengecil, 3 jari lainnya pada bagian permukaan botol yang besar.
  3. Putar pergelangan tangan anda ke atas dan ke bawah sebanyak yang anda mampu.
  4. Jika mulai terbiasa, dapat anda tambahkan pasir atau semacamnya ke dalam botol agar semakin berat.
  • Untuk menambah kekuatan shoot, push up rutin dapat anda gunakan agar shoot anda semakin cepat dan menghasilkan jarak yang semakin jauh.
untuk 3 point shoot : taruh bola dulu di lantai kemudian ambil bola langsung jump shoot, ini untuk melatih kita waktu dijaga ketat ma lawan yang cm “nyisain” jarak dan waktu untuk melakukan shoot sangat sempit.
untuk medium shoot : biasain buang bola ke depan ato fast drible baru melakukan shoot.
untuk akurasi dalam shoot coba latihan dari titik 90 derajat dulu,bru turun ke sudut 45 derajat trus ke 0 derajat/samping, sebenarnya akurasi ditentukan oleh tanggan kita waktu shoot bukan mata kita. seorang player basket yang berpengalaman bisa melakukan shoot bahkan ketika ring hanya kelihatan 20%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar